Siskeudes Wujudkan Pengelolaan Keuangan Desa yang Transparan, Akuntabel dan Partisipatif

Majasari-Sideka (16/03/2018) Upaya pemantapan penyelenggaraan pemerintahan desa perlu terus dilakukan secara berkelanjutan. Maka Pemerintah Daerah Kabupaten Subang telah mengambil langkah-langkah sebagai upaya Penguatan Desa dan Sumber Daya di Desa melalui Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Aparat Desa, Penguatan Administrasi Keuangan Desa untuk menghadapi Dana desa khususnya yang bersumber dari APBN baik melalui Bimbingan Teknis, Pendidikan dan Pelatihan maupun Sosialisasi. Jumat, (16/3) bertempat di Aula Dispemdes Kab. Subang, dilaksanakan acara Sosialisasi Aplikasi Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES) bagi Aparatur Pemerintah Desa se-Kabupaten Subang.

Hadir dalam kesempatan itu Operator Siskudes Desa Majasari Ahmid’ sebagai peserta pelatihan dan terpilih mewakli Desa Majasari.

Kepala Dinas Dispemdes dalam sambutannya menyampaikan tujuan utama adanya Aplikasi Siskeudes adalah agar aparat Pemerintah Negeri/Desa mendapatkan kemudahan saat melakukan proses pengelolaan keuangan, serta dapat dipertanggungjawabkan akuntabilitasnya. Serta diharapkan dapat mewujudkan pengelolaan Keuangan Desa yang transparan, akuntabel dan partisipatif.

Bahwa nantinya, para Aparatur Pemerintah Desa dapat meningkatkan kapasitas keilmuan sebagai unsur Pelaksana Teknis Pengelolaan Keuangan Desa (PTPKD) yang membantu Kepala Desa sebagai pemegang kekuasaan pengelolaan keuangan desa.

Kadis Dispemdes juga menambahkan, bahwa aplikasi SISKEUDES ini diberlakukan untuk seluruh desa dengan penerapan secara bertahap mulai tahun 2018, “salah satu bentuk kerjasama telah terbangunnya sistem pengelolaan keuangan desa berbasis aplikasi yang disebut SISKEUDES, Aplikasi tersebut diberikan kepada seluruh Desa secara cuma-cuma atau tanpa dipungut biaya,

Dalam pelatihan, disampaikan gambaran umum mengenai Aplikasi Siskeudes, serta penjelasan mengenai berbagai menu yang ada dalam aplikasi. Selain itu, peserta workshop juga melakukan simulasi pengisian aplikasi, dimulai dari perencanaan, penganggaran, penatausahaan, hingga pembukuan.

Pada kesempatan tersebut, dilakukan pula penandatanganan kesepakatan tindak lanjut pelaksanaan aplikasi siskeudes, sebagai bentuk komitmen Pemerintah Daerah dalam mendukung secara nyata tata kelola pemerintahan desa secara baik dan akuntabel melalui aplikasi SISKEUDES. (Red-Endang).

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan