Kegiatan Ekspose Hasil Audit IRDA mengenai Realisasi Dana Desa dan ADD Se Kecamatan Cibogo

Keterangan Gambar:
Tim Inspektorat Daerah (IRDA) Kabupaten Subang sedang melakukan Ekspose Hasil Audit Pada tiap-tiap Desa Se-Kecamatan Cibogo Kamis (22/3).

KABAR MAJASARI  – Pemerintah Daerah Kabupaten Subang melalui Inspektorat Daerah (IRDA) dipimpin Ketua Tim Bapak Ahmad melakukan Ekspose hasil Audit monitoring dan evaluasi pemerintahan desa se-Kecamatan Cibogo, Kamis (22/03) kemarin. Pada hasil Ekspos itu ada beberapa hal hasil temuan ringan hasil audit di desa, Desa Majasari merupakan Salah satu desa yang sudah di Audit oleh Irda, dalam bidang Penggunaan Anggaran dari Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD)  Tahap I dan II Tahun 2017.

Dari Hasil audit tersebut Desa Majasari hanya beberapa point saja, salah satunya kurang lengkapnya peng spj an berupa materai dan kwitansi serta selisih pembayaran pajak yang salah perhitungan, ungakap Ahmad selaku Tim Audit itu bisa diperbaiki selagi masa waktu pelaporan  belum habis yang nantinya akan dijadikan Laporan Hasil Temuan (LHP) tutur, ketua Tim irda tersebut.

Serta Camat Cibogo Hazizul Hakim, S.Sos. M.Si mengingatkan kepada desa desa khususnya kepada LPM agar LPM lebih meningkatkan partisipasi masyarakat khususnya dalam hal pemerdayaan masyarakat melalui kegiatan yang bersifat positif dan selalu komunikasi denagan Pendamping yang ada di masing masing desa.

Tim Audit dan Monitoring yang dipimpin Ketua Tim melakukan Kegiatan Ekspose dan Monev dengan mengundang Seluruh Desa 9 Desa berkumpul di Aula Kantor Kecamatan Cibogo.
Disela-sela kegiatan, Pendamping Desa Asep Iwan mengingatkan bahwa sekarang Desa harus bisa mengelola Dana bantuan yang sangat banyak.
Maka dari itu, PD Kecamatan Cibogo meminta Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) di Desa harus berfungsi serta lebih aktif dalam mengadakan kegiatan-kegiatan yang bersifat positif bagi masyarakat di Desa, dengan memanfaatkan dana bantuan yang ada di Desa.
Asep Iwan berharap agar LPM Desa harus komunikatif dengan pendamping dari Pusat yang bertugas mendampingi Desa dapat mensinkronkan data dengan  Pemerintah Daerah Kabupaten Subang.
Dikatakan Endang Sekdes Majasari, Ekspose ini dilaksanakan melalui kegiatan diskusi serta penyampaian hasil temuan yang akhirnya untuk mengetahui hambatan dan kesulitan pemerintah desa dalam pengelolaan Dana Desa dan ADD mulai dari perencanaan, penatausahaan dan pelaporan. Kegiatan dimaksud lanjut dia berupa, pengecekan dan pembinaan diempat bidang, antara lain Bidang Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, Bidang Kemasyarakatan, Bidang Pelaksanaan Pembangunan Desa dan Bidang Pemberdayaan (Red.Endang).

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan