Menggali Produk Unggulan Desa Majasari ” Keripik Sentul”

MAJASARI-SIDEKA – Dalam upaya mengolah bahan baku hasil pertanian yang kurang diminati menjadi produk unggulan bernilai ekonomis, Pemerintah Desa Majasari, Kecamatan Cibogo, Kabupaten Subang mendorong sejumlah Kelompok Usaha (UMKM)  di Desanya membuat produk unggulan, salah satunya mengolah Keripik Sentul, Kerupuk Kulit, Stick tik-tuk dan Keripik Tempe.


Kepala Desa Majasari, Tati Hermawati mengatakan, masyarakat yang tergabung dalam (UMKM) Mekarsari di desanya tersebut mengolah hasil olahan pertanian itu menjadi keripik sentul dengan aneka rasa yang bernilai jual ekonomis dan disukai konsumen. Yakni, rasa  keju dan bumbu balado.

Keterangan Gambar : Kemasan Produk Unggulan Desa Keripik sentul dari hasil Pertanian dan Perkebunan di Desa Majasari

“Ketiga hasil olahan rumahan tersebut dijual diwarung – warung dan pasar ,“ jelasnya.

Ia menambahkan, dalam mengolah bahan baku hasil pertanian menjadi produk unggulan bernilai ekonomis tersebut, sebelumnya memang sudah ada Pelatihan atau bimbingan teknis dari dinas terkait  serta dinas terkait yang sudah menganalisis pisang apa saja yang bisa diolah menjadi produk unggulan Desa Majasari yang bisa meningkatkan nilai tambah pendapatan masyarakat.

Keterangan Gambar : Kemasan Produk Unggulan Desa Keripik singkong dari hasil Pertanian dan Perkebunan di Desa Majasari

Sementara dari segi pemasaran dan agar lebih dikenal oleh masyarakat, harus membuat Brand market yang potensial untuk menarik konsumen, baik dalam segi kemasan ataupun dalam segi kualitas rasa.

“Produk olahan Hasil Pertanian ini telah dipasarkan ke wilayah Kabupaten Subang dan sekitarnya. Bahkan hingga mencapai sejumlah wilayah . Produk ini menjadi pilhan untuk dijadikan oleh – oleh khas Kabupaten Desa Majasari, khusunya Kabupaten Subang,“ pungkasnya. (endang-sideka).

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan