Pemerintah Desa Majasari Melakukan Pembinaan Kepada Pelaku UMKM

MAJASARI-SIDEKA. Pemerintah Desa Majasari Kecamatan Cibogo Kabupaten Subang selalu mendukung perkembangan UMKM. Hal ini telah dibuktikan dengan adanya Pembinaan berupa pendampingan yang menunjang kegiatan UMKM pada hari Jumat (06/04). Tidak hanya itu pemerintah Desa Majasari  juga akan bekerjasama PLUT UMKM Kab. Subang serta Dinas Terkait akan mengadakan kegiatan yang dilaksanakan untuk meningkatkan sumberdaya manusia para pelaku UMKM yang ada di Wilayah Desa Majasari, baik dalam segi pendampingan permodalan, kemasan, strategi usaha, manajemen usaha dll.

Keterangan : PelakuUMKM Bapak Wasmin sedang bekerja service dan pembuatan gergaji kayu

PLUT UMKM Kabupaten Subang yang memiliki workshop ini sebelumnya juga telah banyak mengadakan kegiatan pelatihan di desa-desa lain di wilayah Kabupaten Subang. Kegiatan di Desa Majasari  ini juga merupakan bagian dari schedule pengabdian kepada masyarakat yang selalu diadakan setiap periode oleh Pemerintah Desa.

Kepala Desa Majasari Tati Hermawati menuturkan Kegiatan pendampingan ini bertujuan untuk melatih para pelaku UMKM di Desa Majasari  agar dapat memasarkan produk secara baik, baik dalam segi kemasan ataupun dalam segi promosi “ tutur Tati.

Keterangan : Pelaku UMKM Bapak ayi sedang bekerja membuat  ukiran kayu

Disela sela kegiatan pendampingan dan pendataan pelaku UMKM yang ada di Desa Majasari Endang Karwita Selaku Sekdes Majasari memberikan arahan langsung dalam konsep pembuatan atau desain kemasan bagi produk makanan, di Desa Majasari ada beberpa Produk atau pelaku UMKM diantaranya :

  1. Produk Kerupuk Kulit Crispy
  2. Kerupuk Jengkol
  3. Kerupuk Tempe
  4. Kacang Misda
  5. Keripik Sentul
  6. Kacang Sangrai
  7. Tahu dan Tempe
  8. Oncom Kokbrut
  9. Pembuatan Jaket Pelampung
  10. Ukiran Kayu
  11. Anyaman Bambu (handycraft)
  12. Opak Beureum

Diantara Produk unggulan Desa tersebut masih dalam pembinaan Pemerintah Desa, dengan adanya Dana Desa dimungkinkan Pelaku UMKM Tersebut akan di prioritaskan untuk mendapat bantuan permodalan melalui BUMDes Majasari.

Dengan Pendampingan ini maka sebagian besar para pelaku UMKM saat ini telah memiliki motipasi dan semangat yang  luar biasa apalagi produk desa yang dibuat  oleh para  pelaku UMKM rencana nya akan dipasarkan melalui media online oleh TIM Kabar Desa melalui sarana berupa website yang telah siap digunakan untuk memasarkan berbagai produk secara up-to-date. Sehingga produk setiap UMKM Desa Majasari  dapat dengan mudah ditemukan dan dikenal tanpa terbatas wilayah.

Setiap UMKM Desa Majasari nantinya diharapkan dapat menyebarkan informasi tentang produknya secara online di internet melalui website desa. Yaitu majasari-cibogo.sideka.id Sehingga pemerintah Desa selain dapat aktif mengetahui keadaan UMKM wilayah Majasari juga dapat mengerti kekurangan apa yang mungkin dibutuhkan masyarakat sebagai konsumen produk UMKM yang ada. (Endang/mjs)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan