BBWS CITARUM MELAKUKAN PERAWATAN SITU CIPICUNG

 

MAJASARI-SIDEKA. BBWS Citarum Jawa Barat dengan Program Rutin Tahunan tengah melaksanakan Perawatan Intensif mengenai Pengerukan sebagian lumpur di Situ Cipicung. Jum’at (13/04).

Foto Pelaksanaan Perawatan Situ Cipicung Kecamatan Cibogo

Situ Cipicung merupakan Situ yang sangat penting peranan nya bagi petani yang ada di dua wilayah yaitu Kecamatan cibogo dan Kecamatan Cipunagara. Kepala Desa Majasari Tati Hermawati menuturkan bahwa sebelum nya pengajuan perbaikan situ cipicung ini sudah lama disampaikan kepada pihak terkait termasuk Pemerintah Pusat tetapi belum ada tanggapan sama sekali, walaupun lokasi situ tersebut secara administratif terletak di wilayah Desa Belendung tetapi secara asal usul adanya situ Tokoh masyarakat majasari lah yang ikut andil dalam pembuatan Situ tersebut, sampai saat ini pada dasarnya Situ tersebut dipakai dan dirasakan oleh para petani dari Kec. Cibogo dan Cipungara. Tutur Tati.

Foto Alat Berat Sedang Mengeruk Lumpur dan Walini

Pelaksanaan perawatan situ cipicung rencananya akan dilaksanakan satu bulan penuh dengan target lumpur dan rumput walini bisa di normalisasi, BBWS selaku Badan yang diberi wewenang atas perawatan situ tersebut melaksanakan perawatan secara bertahap melalui Anggaran APBN 2018 yang dikelola oleh BBWS Citarum yang mana nilai nya masih minim untuk perawatan situ cipicung, dari pelunturan Lumpur terus ketahap pembuangan rumput liar walini dan eceng gondok yang dibuang langsung ke sungai utama situ cipicung.

Foto Alat Berat yang didatangkan oleh BBWS Citarum Jawa Barat untuk kegiatan perawatan Situ Cipicung

Warga pengguna air situ cipicung sangat antusias dengan normalisasi tersebut walaupun belum maksimal tetapi sedikit besarnya air dapat ditampung sesuai dengan volume dan kapasitas situ sesuai debitais air, hal ini pasti sangat dirasakan langsung apalagi sekarang waktunya petani di seluruh wilayah pengguna air akan segera melakukan tanam padi.

Foto Tahap Pengerukan Rumput liar

Mudah mudahan dengan Perawatan situ ini diharapakan oleh Warga dapat diketahui dan dibantu oleh Muspika Kecamatan Cibogo, Pemkab Subang untuk menampung aspirasi warga Khusus nya Warga Sekitar Pengguna Air Situ Cipicung untuk disampaikan aspirasi tersebut kepada pemerintah pusat supaya situ tersebut bisa di Normalisasi dan di konservasi sesuai dengan harapan, karena sampai saat ini Warga Pengguna Air atau petani mengajukan permohonan Perbaikan situ secara mandiri melalui Pemdes Majasari namun sampai dengan saat ini Muspika serta Pemkab Subang masih belum dirasakan kepedulian dan bantuannya terhadap penyampaian aspirasi warga atas Perbaikan Situ Tersebut. (Endang/2018)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan