PADAT KARYA TUNAI MENJADI PENDORONG EKONOMI WARGA MAJASARI

MAJASARI-SIDEKA  – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan melaksanakan Program Padat Karya Tunai (PKT) di Desa Majasari, Kecamatan Cibogo, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat. PKT Tunai bertujuan meningkatkan jumlah uang yang beredar di desa dengan bertambahnya pendapatan dan daya beli masyarakat desa.

“Disini ada beberapa kegiatan padat karya yaitu yang akan dilaksanakan melalui usulan dari masyarakat melalui Musdes seperti irigasi kecil, pemeliharaan jalan Pertanian, jalan produksi, TPT dan Pembuatan Jembatan. Upah yang diberikan di Desa Majasari sebesar Rp 120.000 untuk tukang dan Rp 95.000 untuk pekerja.” kata Endang Karwita Ketua BKAD, Selasa (22/5).

Turut mendampingi Fasilitator Teknik Program PISEW Sukandi, menjelaskan Program PKT di Desa Majasari nanti terdiri dari PKT Irigasi yang merupakan bagian Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air (P3-TGAI), Pembuatan Jembatan jalan Produksi, dan Tembok Penahan Tanah (TPT). Renananya warga yang tergabung dalam perkumpulan Majasari bangkit akan mengerjakan perbaikan saluran irigasi sepanjang total 100meter yang dikerjakan  oleh 50 orang setiap hari dan akan selesai dalam 1 bulan tutur sukandi.

Selain itu di lokasi tersebut juga dilakukan PKT Pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT). yang dibiayai Ditjen Cipta Karya melalui Program Pembangunan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) Tahun Anggaran 2018, Kepala Desa Majasari Tati Hermawati mengatakan program ini sangat bermanpaat sekali apalagi usulan yang di usulkan oleh warga sebagian besar penunjang bagi kegiatan ekonomi pertanian, ungkap tati, dan dengan program ini pula masyarakat bisa terbantu ekonomi nya melalui program PKT yang dicanangkan oleh  pemerintah pusat. (Red/endang)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan