Raih Juara Satu Lomba Desa Tingkat Kecamatan, Spirit Desa Majasari Untuk Lebih Maju.

Majasari Sideka – Jum’at (18/8/2018) Setelah melalui beberapa tahap penilaian juri dari tingkat kecamatan, akhirnya Desa Majasari Kecamatan Cibogo terpilih sebagai Juara Pertama Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Kecamatan. Pemenang hasil lomba desa tersebut dibacakan oleh Camat Kecamatan Cibogo Hazizul Hakim di depan peserta Upaacara HUT Kemerdekaan RI yang Ke 73 Tahun. Desa Majasari dianggap sebagai desa terlengkap dalam semua aspek penilaian. Seperti Administrasi Desa, Pembayaran PBB terbaik, Exspose Kader Posyandu terbaik.

Penilaian lomba desa dan kelurahan tingkat kecamatan ini dinilai dari berbagai aspek seperti administrasi pemerintahan, kemasyarakatan dan kewilayahan. Termasuk lembaga-lembaga desa seperti BPD, LPMD, Kelembagaan Pokmas, TP PKK dan partisipasi masyarakat dalam membangun desanya Pembayaran PBB terbaik, Exspose Kader Posyandu terbaik. Desa Majasari dianggap unggul karena menjadi desa yang lengkap. Majasari memiliki cluster Wilayah yang berbasis Pertanian. Termasuk juga pemanfaatan wilayah yang menjadikan dampak bergeliatnya ekonomi masyarakat dengan tumbuhnya Sistem pelayanan Publik yang handal.
Desa Majasari juga menjadi desa yang melek IT (Informasi dan Teknologi) karena program website desanya dikelola secara baik oleh aparatur desanya. Desa Majasari juga memiliki perpustakaan mini dengan buku-buku yang lumayan lengkap untuk bacaan warganya. Semua ini digagas oleh Kepala Desa Majasari agar desanya menjadi desa yang lebih baik, bukan sebagai desa tertinggal. Sekdes Endang Karwita, ST. dianggap memiliki banyak inovasi dan kreativitas untuk mengubah desanya. Ini tidak lepas dari profesinya sebelum menjadi Sekdes yakni seorang Fasilitator dan Pendamping Program Pemerintah.
Terkait dengan beberapa indikator yang membuat Desa Majasari berhasil menjuarai ajang tersebut? Agung selaku Sekretaris Desa Majasari menyampaikan bahwa, beberapa hal yang menjadi kelebihan Desa Majasari dibanding Desa-desa lain di Kecamatan Cibogo adalah kelengkapan sistem administrasi, inovasi administratif semisal surat-menyurat yang sudah menggunakan bermacam aplikasi, serta potensi ekonomi desa yang cukup variatif. “Surat-menyurat sudah memakai aplikasi sehingga pelayanan kepada masyarakat menjadi lebih cepat, untuk keuangan sudah menerapkan aplikasi siskeudes sehingga mudah dikontrol dan potensi pariwisata menuju desa wisata cukup potensial, serta Sistem Peng Absensian Perangkat Desa menggunakan Piger Print” ujarnya. Saat ditanya harapan ke depan dengan terpilihnya Desa Majasari sebagai juara tingkat kecamatan? Bibin Bunyamin, S.Thi selaku Ketua BPD mengatakan kalau prestasi tersebut tidak boleh menjadi alasan untuk berhenti berkarya dan berinovasi, namun sebagai spirit untuk lebih memacu diri agar lebih baik lagi ke depannya.
Penilaian perlombaan desa tersebut mengandung makna tersendiri karena dapat memberi motivasi dan memacu semangat bagi perangkat desa, lembaga – lembaga desa dan masyarakat untuk berlomba dan bersaing secara sportif dan positif dalam membangun fisik desa dan membenahi administrasi pemerintah desa yang sudah ada. Selamat kepada kepala desa, aparatur desa dan seluruh masyarakat Desa Majasari Kecamatan Cibogo atas prestasi yang diraih. (endang/red).

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan