Kunjungan Sekretariat Negara untuk Meninjau Padat Karya Tunai (PKT) di Desa Majasari

Majasari sideka – Untuk menyerap aspirasi masyarakat tentang Dana Desa ( DD) dan program Padat Karya Kementrian Sekretariat Negara ( Mensesneg ) Republik Indonesia Asisten Deputi Peningkatan dan Pengembangan Kesejahteraan Pranggono Dwianto dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Subang H. Dadan siang ( 07/9/2018 ), melakukan kunjungan ke Desa Majasari Kecamatan Cibogo Kabupaten Subang dan meninjau lokasi Pembangunan Hotix jalan Gang dan pengurugan Jalan Sepak Bola, dalam kesempatan itu ikut mendampingi Kepala Desa Majasari Tati Hermawati, Kasi Pem Kecamatan Cibogo, Pendamping Desa dan beserta Staf Desa.

 

Poto Kunjungan Setneg sedang meninjau lokasi Hotmix Jalan Gang Buah

Kepada Lini Desa mengatakan kunjungan dilakukan ke salah satu Desa yang menjalankan program dengan sistem Padat Karya untuk merespons aspirasi dari bawah tentang pelaksanaan program Dana Desa dan program Padat karya,” Ucapnya.
Lanjut Pranggono, minta masukan agar Program DD lebih baik dengan melihat potensi Desa yang menjadi prioritas untuk padat. Dari peninjauan di Kampung Majasari Desa Majasari masuk kriteria padat karya dengan mekanisme 30%,” ungkapnya.

Poto Kepala Desa dan TA P3MD sedang meninjau lokasi Hotmix Jalan Gang Buah

Adapun hasil peninjauan akan menjadi Input Kabid Pembangunan Desa ke Presiden bahwa padat karya di Desa seperti apa dan jika ada kendala solusinya seperti apa, misalnya dari aturan waktu kurang tepat maka aturan harus dikeluarkan lebih awal, karena aturan Padat karya sekarang kan seolah – olah APBDes Sudah selesai , jadi kalau ada padat karya harus dirubah, karena APBDes yang dibuat satu tahun sekali bisa dirubah melalui keputusan Kepala Desa,” paparnya.


Harapan dari program Padat Karya ini dapat meningkatkan Ekonomi dan Daya beli masyarakat,” Harap Pranggono. Menurut Sekdes Majasari endang karwita selaku pengelola Lini Desa mengatakan bahwa pengelolaan Dana Desa pada saat ini sesuai dengan aturan dan tahapan dari musdes, pembuatan RKP dan penyusunan APBDes Tahun 2018, harapannya kedepan Dana Desa dapat dimanpaatkan oleh warga khususnya bagi warga miskin untuk menambah penghasilan pada PKT, tutur endang. (Endang/Red)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan